24 Oktober 2013

Teori Organisasi

ORGANISASI

1. Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam suatu organisasi diperlukan sebuah manajemen dan tata kerja, berikut akan dijelaskan keterikatan antara organisasi, manajemen, dan tata kerjanya:
a. Manajemen dan Organisasi
Agar sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik maka perlu adanya pengelolaan, pekerjaan mengelola itu disebut manajemen dan orang yang mengelola/ memimpin disebut manejer. Jadi, dalam rangka manajemen maka harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.
b. Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.
c. Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Eratnya hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
1. Manajemen, Proses kegiatan pencapaian tujuan bersama melalui kerjasama antar manusia.
2. Organisasi, Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
3. Tata kerja, Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.

2. Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi
   A. Ciri-ciri organisasi
  1. Terdiri daripada dua orang atau lebih
  2. Ada kerjasama
  3. Ada komunikasi antar satu anggota dengan yang lain
  4. Ada tujuan yang ingin dicapai.
  B. Unsur-unsur organisasi
  1. Manusia(man) : dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
  2. Kerjasama (team work) : suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota oeganisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.
  3. Tujuan bersama : adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
  4. Peralatan(equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
  5. Lingkungan(environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
  • kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung
  • tempat atau lokasi
  • Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi
  C. Teori-teori Organisasi
  1. Menurut James D. Mooney : organisasi adalah suatu bentuk kerjasama manusia untuk pencapaian tujuan bersama.
  2. Menurut Thester I. Bernard : organisasi merupakan suatu sistem kerjasama dari 2 orang atau lebih, sesuatu yang tak terwujud dan tidak bersifat perseorangan dan sebagian besar mengenai hal-hal hubungan.
  3. Menurut J. M. Gaus : organisasi adalah tata hubungan antar orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
3. Pengertian Organisasi Niaga, Sosial, Regional dan Internasional
A. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga Adalah Suatu organisasi yang sifatnya untuk mencapai suatu keuntungan. Organisasi ini sering kita temui dalam kehidupan yang berbasis globalisasi saat ini, dengan faktor ekonomi yang semakin berkembang menjadikan Organisasi Niaga semakin pesat pula. Adapun Macam-Macam Organisasi Niaga Antara Lain: Perseroan Terbatas (PT),Perseroan Komanditer (CV), Firma (FA), Koperasi, Join Ventura, Trust, Kartel, Holding Company
B. Organisasi Sosial
Organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.
C. Organisasi Regional & Organisasi International
Organisasi regional mempunyai wilayah kegiatannya bersifat regional, dan keanggotaan hanya diberikan bagi negara-negara pada kawasan tertentu saja. Berikut ini merupakan contoh dari organisasi regional :
  1. APEC : Asia Pasific Economic Cooperation ( organisasi kerja samaa negara-negara kawasan Asia Pasifik di bidang ekonomi ).
  2. EEC : Europe Economic Community ( Masyarakat Ekonomi Eropa ) kawasan Eropa.
  3. ASEAN : Association of South East Asian Nation.
Dan contoh organisasi internasional adalah :
1. PBB
Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB (United Nations atau UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan social.
2. NATO
Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organisation/ NATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949, sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington, DC pada 4 April 1949.

4. Pengalaman Organisasi
Ada beberapa pengalaman organisasi yang saya miliki, diantaranya: menjadi Bendahara Paskibra Perwira di SMK N 1 Gunung Putri, Anggota UKM Buddhist Gunadarma, dan menjadi sie Humas atau Parsenor (Pariwisata Seni dan Olahraga) di Organisasi Pemuda Vihara Amurwa Bhumi Cibinong. Pada penulisan kali ini saya akan menceritakan pengalaman organisasi saya di bidang Parsenor Pemuda Vihara Amurwa Bhumi Cibinong.
Pemuda Vihara Amurwa Bhumi Cibinong adalah perkumpulan anak muda yang beragama Buddha, terutama orang yang berdomisili di Cibinong. Kegiatan yang dilakukan disini adalah kebaktian rutin setiap sabtu jam 18.00. Adapun kegiatan- kegiatan khusus yang dilakukan diluar kebaktian diantaranya sesuai dengan tugas saya sebagai sie Parsenor yaitu mengadakan acara- acara didalam maupun diluar lingkungan Vihara. Dalam bidang Pariwisata contohnya adalah mengadakan perjalan ke Vihara lain dalam rangka kunjungan dan sekaligus bermain ke wisata dekat dengan Vihara yang dituju. Kemudian dalam bidang Seni, selain dengan adanya acara agama. Kami mengadakan sharing permainan alat musik, mulai dari yang  ingin belajar hingga yang sudah mahirpun sudah ada. Dan yang terakhir adalah sie Olahraga yang saya jalankan yaitu kami selalu bermain badminton setiap minggunya di daerah dekat dengan Vihara.
Masih banyak kegiatan yang diadakan di Vihara Cibinong ini, namun sesuai dengan tugas dan jabatan saya mungkin semua sudah di ringkas menjadi kata- kata diatas. Begitulah pengalaman organisasi yang dapat saya ceritakan disini, berawal dari perkumpulan menjadi tujuan yang baik dan berguna untuk orang sekitar.

referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://mane3x.wordpress.com/2011/10/13/hubungan-antara-manajemen-organisasi-dan-tata-kerja/
http://sevenfold07.blogspot.com/2012/11/pengertian-organisasi-niaga-sosial.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar