12 April 2013

KEPEMIMPINAN

 PENDAHULUAN

1. Latar belakang

Pada dasarnya pemimpin adalah seseorang yang mampu memberi perintah kepada orang lain, sehingga orang yang diperintah mau melakukan hal tersebut dan mencapai tujuan bersama dengan baik. Tetapi yang sering kita lihat saat ini adalah pemimpin- pemimpin yang kejam dan mementingkan diri sendiri sehingga merugikan bagi orang- orang yang bekerja untuk pemimpin tersebut. Apakah semua itu adil dan akan terus berlanjut? Pastinya tidak dan tentu saja akan terus terjadi bahkan semakin berkembang jika tidak ada yang mau berubah dan merubahnya. Pemimpin yang baik juga mau mendengarkan masukan dari semua anggotanya. Tetapi apakah dapat diartikan bahwa seorang pemimpin adalah orang yang menjalankan semua tugas anggotanya? Dalam penulisan ini akan dijelaskan bagaimana agar kepemimpinan dapat diartikan dengan baik dan berada pada posisinya.

2. Permasalahan
Dari latar belakang yang sudah dirangkum, pada kehidupan sehari hari dan dari lingkungan hidup disekeliling kita, dapat dilihat bahwa kepemimpinan yang ada pada setiap manusia di Indonesia masih sangat buruk. Bisa diketahui bahwa banyak permasalahan tentang kepemimpinan yang masih rancu yang ada di pemerintah sekarang pada umumnya dan pada diri masing masing pada khususnya. Maka dari itu, dibuatnya penulisan ini dimaksudkan untuk dapat membantu masyarakat masyarakat yang pada umumnya masih salah persepsi tentang:
  • pengertian kepemimpinan
  • kesalahan kepemimpinan
  • kepemimpinan pada pemerintahan di indonesia
  • apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang pemimpin yang baik

PEMBAHASAN

1. Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin yang berarti seseorang yang dapat mengarahkan sekelompok orang untuk menuju tujuan yang sama. Atau dapat diartikan juga sebagai orang yang memberi perintah kepada orang lain. Dapat kita lihat pada gambar 1 bawah ini:
 
Gambar 1 : Contoh seorang pemimpin
bahwa seorang pemimpin sama seperti orang orang pada umumnya, akan tetapi dia berani tampil beda dan berani maju serta mempunyai sesuatu yang lebih daripada sekumpulan orang disekelilingnya atau bisa dikatakan mempunyai kemampuan khusus yang tidak dimiliki sekelompok orang tersebut.
Jika kemampuan seorang pemimpin tersebut diatas sama dengan sekelompok orang yang mempunyai kemampuan itu, maka orang tersebut tidak bisa disebut seorang pemimpin karena tidak mempunyai kemampuan yang lebih dibanding sekelompoknya. Jadi jiwa pemimpin itu relatif tergantung pada lingkungan dan orang- orang yang berada didalamnya.
"Dari teori yang ada, dikatakan bahwa kepemimipinan seorang pemimpin dimanapun itu akan memberikan 30% pengaruh kepada kinerja organisasi atau kelompok tersebut. Namun, pengaruh baik atau buruk bagi organisasi bergantung pada gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh sang pemimpin." [1]
Sekarang dapat diartikan bahwa kepemimpinan adalah sebuah proses untuk mempengaruhi kegiatan kelompok, menuju kearah penentuan tujuan dan mencapai tujuan. Dalam kehidupan sehari hari kepemimpinan sering juga diartikan sebagai suatu perintah yang diberikan oleh atasan kepada bawahannya.

2. Kesalahan Kepemimpinan
Menurut pemikiran orang pada umumnya, sangat sulit sekali menjadi seorang pemimpin yang baik. Padahal dapat kita lihat di televisi, surat kabar, dan lain sebagainya, masih sangat banyak juga orang yang haus akan kepemimpinan sampai melakukan hal hal yang menyimpang dari aturan yang ada demi menjadi seorang pemimpin. Lantas apakah sulit menjadi seorang pemimpin? Tentu saja mudah jika ingin menjadi pemimpin seperti diatas.  Salah satu contoh yang sering terjadi adalah penyogokan kepada rakyat saat pemilihan ketua mulai dari desa, kelurahan, gubernur, bahkan sampai pemilihan presiden. Setelah terpilih apakah mereka menjalankan tugas mereka dengan benar? Tidak, karena saat seseorang menuju atau mencapai sesuatu tanpa mengikuti aturan yang ada maka sudah dapat dipastikan kedepannya pun tidak akan pernah berjalan dengan aturan.

3. Kepemimpinan pada Pemerintahan Indonesia
Hingga saat ini, belum terlihat kepemimpinan di Indonesia yang mampu untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia. Dari beragam krisis yang ada, seperti krisis ekonomi, krisis politik, krisis sosial, krisis budaya hingga krisis agama. Selain itu, Kepemimpinan di Indonesia juga belum ada yang bisa untuk melepaskan persoalan kemiskinan, pengangguran, keterbelakangan, ketidak adilan, kekerasan, hingga penyalah gunaan kekuasaan yang seakan-akan tidak mau beranjak dari negeri ini.
Salah satu kepemimpinan Indonesia yang buruk bahkan sampai dikenal oleh dunia adalah korupsi. Dari sini sudah dapat dilihat bahwa kepemimpinan di Indonesia memang sudah sangat buruk dimata dunia. Tetapi tidak semua pemimpin yang ada di Indonesia seperti itu, "salah satu sosok yang paling dikenal sekarang akan kejujurannya pada masyarakat dan rasa tanggung jawabnya adalah gubernur dan wakil gubernur Jakarta yaitu Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama yang lebih dikenal dengan nama pasangan Jokowi – Ahok. Saat ini beliau menjadi tokoh yang disorot publik karena kepemimpinannya yang bersih. Dari itu, banyak investor yang mau masuk dan ingin menjadi pihak pelaksana pembangunan proyek yang ada di Negeri Indonesia ini terutama Jakarta." [2]

4. Apa yang Seharusnya Dilakukan Oleh Seorang Pemimpin yang Baik

Menjadi pemimpin yang baik bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar sebuah organisasi atau sekelompok orang kecil yang dipimpin dapat berjalan seperti yang diharapkan. Adapun hal-hal penting yang harus selalu dilakukan oleh seorang pemimpin sehingga mampu menjadi seorang pemimpin yang baik adalah sebagai berikut:
  • Memiliki tujuan yang lebih tinggi dibanding anggotanya.
Tujuannya bukan hanya menjadikan suatu organisasi atau kelompoknya sebagai tempat bekerja, tetapi kelompok tersebut harus memiliki sesuatu yang lebih bernilai. Seorang pemimpin yang hebat mampu membangun visi dari setiap orang dikelompoknya untuk bisa bersama-sama mewujudkan impian dengan seluruh tim yang ada.
  • Memiliki karakter yang kuat.
Karakter yang kuat perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Karena dengan begitu pemimpin akan bisa mempengaruhi anggotanya dengan baik, dalam artian yang bertujuan baik bagi semuanya. Jadi saat tujuan-tujuan tersebut dijalankan, walaupun resiko yang diambil sangat besar pemimpin dapat mengarahkan anggotanya untuk bertindak apa yang harus dilakukan. Bukan mudah terpengaruh dengan hal-hal lain.
  • Bisa diandalkan
      Seorang pemimpin yang universal atau global haruslah memiliki sebuah strategi jitu jangka panjang. Dan dalam strategi tersebut, tidak hanya menggunakan kepala, tetapi juga menggunakan hati. Hal ini sering terjadi pada pemimpin, mereka selalu berfikir secara logika tanpa memperhatikan hatinya dan para anggotanya sehingga yang terjadi adalah kesalahpahaman antar anggota ataupun dengan pemimpin tersebut.
  • Mengenali kelebihan dan kekurangan tim  
Ini mungkin salah satu pekerjaan pemimpin yang sulit. Seorang pemimpin haruslah tau kelebihan dan kekurangan anggotanya yang merupakan sebuah evaluasi yang baik dalam sebuah tim, karena dengan begitu semua permasalahan bisa cepat terlihat. Sehingga potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tim tersebut. Namun ada hal yang tidak kalah penting yaitu jika seorang pemimpin melakukan kesalahan, hendaknya mau mengakui karena memang hal ini merupakan sikap berjiwa besar dan ini akan berdampak baik bagi anggotanya, karena pemimpin merupakan contoh.
  • Adil dan rendah hati
Seorang pemimpin mampu menghormati keberagaman. Justru mereka mampu membangun komunitas yang kuat dari keberagaman, bukan hanya dibangun dari persamaan- persamaan dari setiap anggotanya. Seorang pemimpin harus berlaku adil kepada setiap anggotanya dalam arti tidak ada anggota yang dianak emaskan. Dan selalu rendah hati untuk mendengarkan saran dan keluhan dari semua anggotanya.
Dari hal diatas dapat kita lihat untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dan diharapkan oleh setiap anggotanya itu memang sangat sulit sekali. Tidak semua orang bisa dipercaya seperti itu, maka untuk para anggota yang memilihpun pasti berhati hati dalam memilih. Jika seorang calon pemimpin ingin terpilih maka ia haruslah mempunyai latar belakang kinerja yang baik karena semua orang menilai orang lain dari latar belakangnya.


PENUTUP

1. Kesimpulan

Jadi kepemimpinan itu adalah sebuah sikap dan sifat yang harus dimiliki seseorang dari sejak dini baik dari kalangan manapun, karena dengan mempunyai sikap itu maka orang lain akan percaya dengan sikap seorang pemimpin tersebut. Jangan lupa untuk melatih sikap kepemimpinan anda dari diri sendiri, karena kepemimpinan dimulai dari pribadi diri sesorang tanpa dorongan dari luar. Belajar memimpin bukan hanya jika ada orang yang dipimpin melainkan dimulai dari memimpin diri sendiri kearah yang lebih baik. Contohnya dalam kegiatan belajar di universitas gunadarma, kita harus selalu aktif bertanya dan menjawab pertanyaan pertanyaan yang diajukan. Dari sana kita dapat perlahan lahan melatih mental kita untuk menjadi lebih kuat sehingga dapat berdaya saing di dunia kerja nantinya.
2. Saran
Latihlah sikap dan jiwa kepemimpinan anda dari sekarang sebelum terlambat, karena suatu saat khususnya laki – laki pasti akan menjadi seorang pemimpin rumah tangga. Dan tidak lupa kepada para wanitapun pasti akan memimpin anak anaknya kearah yang benar dan bermanfaat. Minimal jadikan diri anda sebagai contoh untuk orang disekitar anda dan maksimalkan diri anda untuk menjadi seorang pemimpin yang berguna untuk masyarakat dan orang banyak.
Created by : Otto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar